Minggu, 20 Oktober 2013





SURAT DINAS
DAN
SURAT PRIBADI
A.SURAT DINAS / RESMI
  Surat dinas / surat resmi adalah surat yang di kirim oleh perseorangan atau lembaga lain yang berisi hal-hal kedinasan. Termasuk dalam surat dinas asalah surat niaga yang di kirim oleh perseorangan atau perusahaan untuk kepentingan bisnis atau perniaga
 Contoh surat resmi yaitu suatu undangan bisnis , surat permohonan, surat pemberitahuan, surat penawaran barang, surat lamaran kerja, surat balasan lamaran pekerjaan, surat jual beli, surat perjanjian, surat pengantar barang, dan surat penolakan.Dalam surat resmi, bahasa yang di gunakan adalah bahasa baku.
 penghantar barang dan surat penolakan. Dalam surat resmi bahasa yang digunakan adalah bahasa baku.
       Unsur - unsur  surat resmi:
  1.       Kepala surat.
  2.      Tanggal surat.
  3.      Identitas surat (nomor, lampiran, hal).
  4.      Alamat surat (nama, dan alamat nama orang yang dikirimi surat).
  5.      Salam pembuka.
  6.      Isi surat.
  7.      Salam penutup.
  8.      Identitas pengirim (jabatan, tanda tangan, dan nama terang).
  9.      Tembusan.
10.      Inisial.

Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang di kirim oleh seseorang kepada orang lain yang isinya bersifat pribadi atau tidak menyangkut kedinasan. Contoh surat pribadi adalah surat kepada saudara, teman sepermainan, orang tua, dan surat-surat tidak resmi lainnya. Bahasa ynag digunakan pun bukan ragam resmi.
Unsur-unsur surat pribadi adalah sama dengan unsur yang surat resmi, hanya saja dalam surat pribadi tidak ada kepala surat, identitas surat, jabatan pengirim, tembusan dan inisial.
Catatan :
Surat merupakan komunikasi dari orang pertama (penulis) kepada orang kedua (pembaca). Oleh karena itu, kata-kata dalam surat tidak boleh menggunakan kata ganti orang ketiga, yaitu nya
Contoh yang salah :
Atas perhatiannya, kami hanturkan terima kasih.
Contoh yang benar :
Atas perhatian bapak, saya ucapkan terima kasih.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates